Cart

Performa Mobil Kurang Mantap? Ikuti Tips-Tips Berikut!

Meningkatkan performa mobil? Siapa coba yang tidak mau? Pasti mau dong! Apalagi kalau mobil kita masih dalam kondisi baru dan pas pada saat kita coba, pastinya akselerasi dan tenaga mobil kita pasti akan terasa sangat pas. Nah, pada waktu ketika sudah familiar dengan mobil baru kita lah saat dimana kita akan merasakan ada sesuatu yang kurang pada mobil kita yang pastinya nanti akan membuat  jiwa modifier kita bangkit dan membuat kita mempunyai keinginan yang kuat untuk meningkatkan performa mobil yang kita gunakan!

Filter Udara K&N Surabaya

Tetapi terkadang permasalahan utamanya adalah kebanyakan orang (yang sudah bangkit jiwa modifiernya) ternyata masih memiliki pengetahuan yang minim soal masalah mesin mobil ataupun cara untuk memodifikasi mobil yang benar yang juga akhirnya membuat jiwa modifier kita yang sudah bangkit tadi jadi kembali tersegel lagi hehehehehe….

Memang bukanlah rahasia lagi kalau mau memodifikasi mobil kita agar mendapatkan performa yang lebih maksimal dari mobil kita, minimal kita harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk permasalah mesin mobil baru nanti kita bisa memanfaatkan pengetahuan kita itu untuk memodifikasi mobil kita.

Tapi karena biasanya terlalu rumit untuk dilakukan orang-orang yang berpengetahuan minim tentang masalah mobil, banyak orang yang lebih mempercayakan orang lain yang lebih ahli untuk melakukan modifikasi pada mobil mereka dan alhasil, dompet kita jadi korban, menangis deh tu dompet :(

Filter Udara K&N Surabaya

Eits! Jangan khawatir! Pada artikel kali ini saya tidak akan menyuruh saudara-saudara untuk melakukan hal seperti itu yang pada ujung-ujungnya akan membuat dompet anda (dan kemungkinan anda sendiri) menangis (emang kalau saya suruh seperti itu ada yang mau nurutin? (gak mungkin!)). Terus apa dong tujuan pada artikel kali ini?

Pada artikel kali ini, saya akan memberitahukan tentang cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan performa mobil kita yang simpel (dan tidak memerlukan pengetahuan yang luas soal mesin mobil ataupun modifikasi mobil) dan tidak bakal membuat dompet kita menagis (tapi bukan berarti gratis lo! Uang memang merupakan salah satu faktor yang sering muncul jika kita bicara soal modifikasi, kalau kita mau keluarin uang buat pacar, pasti mau juga dong keluarin uang buat mobil, kalau mobil kurang sip, pacar bisa lari loh ke tetangga sebelah hehehehe….)

Bagaimana caranya? Gampang, cukup dengan memfokuskan perhatian kita ke tiga hal yang akan saya sebutkan setelah ini, karena ketiga hal ini atau lebih tepatnya, ketiga bagian mobil ini merupakan inti dari performa mobil anda yang jika anda berikan perhatian dan rawat dengan baik, dijamin deh bakalan meningkatkan performa mobil anda tanpa harus mengeluarkan jumlah uang yang cukup besar dari dompet anda!

Apakah Ke-3 Bagian Itu?

  1. Bahan Bakar:
    BBM Mobil

    Yup, bagian pertama adalah bahan bakar, seperti yang bisa kita tebak. Bahan bakar merupakan salah satu kompenen paling penting bagi mobil kita dan juga merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan performa mobil kita, karena seperti yang diketahui oleh semua orang (bahkan kakek-kakek dan nenek-nenek) mobil, sebagus apapun atau secanggih apapun, tidak akan berguna tanpa adanya bahan bakar atau bensin.
    Pada jaman sekarang ini, seperti yang kita tahu, harga bahan bakar mobil sudah menggunung, dari tahun ke tahun harga BBM sudah tidak pasti lagi, nih saya kasih grafik kenaikkan harga BBM mulau dari 1990 sampai tahun 2013:
    Filter Udara K&N Surabaya
    Seperti yang bisa dilihat kan? BBM dari tahun ke tahun makin naik dengan tahun 2013 merupakan tahun dimana BBM akhirnya meroket! Terus apa hubungannya ini dengan cara meningkatkan performa mobil kita? Eits, jangan salah! Ada hubungannya kok.
    Dengan terus meroketnya harga BBM, maka udah pasti kita akan sering memilih bahan bakar dengan harga termurah, ya gak? (Itu sudah merupakan naluri manusia) Tapi tahukah anda kalau hal seperti ini dapat berakibat pada performa mobil anda?
    Kebanyakan mobil jaman sekarang pasti menggunakan teknologi yang disebut Electronic Fuel Injection atau biasa disingkat menjadi EFI untuk lebih pendeknya dan mobil-mobil yang menggunakan EFI dipatutkan untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi (contohnya Pertamax) dengan tujuan agar proses pembakaran di dalam mesin menjadi lebih sempurna dan hasilnya tentu saja, performa mobil kita jadi lebih top.
    Tapi seperti yang saya katakan diatas, beberapa orang lebih sering memilih bahan bakar beroktan rendah (premium) dan hal seperti inilah yang biasanya menyebabkan performa mobil menjadi rendah, tarikan mobil menjadi kurang responsif dan alhasil juga membuat BBM menjadi boros.
    Maka dari itu, saya sarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi jika anda memang ingin mendapatkan perform yang lebih top dari mobil anda. Tapi biasanya yang orang takutkan dalam menggunakan bahan bakar beroktan tinggi adalah jika nanti saat menggunakannya maka akan menjadi boros dan alhasil bukannya hanya akan boros bahan bakar tapi juga boros duit dan alhasil nanti:
    Filter Udara K&N Surabaya
    Eits! Jangan khawatir! Ada kok caranya agar irit BBM meskipun memakai bahan bakar beroktan tinggi (pertamax), mau tahu caranya? Gampang, tinggal simak saja artikel berikut: Cara Menghemat BBM dan dijamin nanti BBM bakal jadi lebih irit dari sebelumnya!
  2. Sistem Pengapian:
    Dan bagian kedua yang perlu kita perhatikan agar performa mobil kita dapat meningkat adalah sistem pengapian mobil kita!
    Performa Mobil
    Hehehehe… Bukan, bukan sistem pengapian yang kayak gitu yang dimaksud tapi sistem pengapian pada mesin mobil kita. Lalu apa fungsi sistem pengapian pada mobil kita? Sistem pengapian berfungsi untuk membakar bensin yang disemprotkan didalam ruang bakar untuk mendorong piston dan menghasilkan gerak. Lalu apa ada hubungannya antara sistem pengapian ini dengan performa mobil kita? Tentu saja ada, karena performa mobil yang baik dapat berasal dari sistem pengapian yang stabil dan sempurna, sama seperti makanan, kalau sistem memasaknya stabil dan sempurna maka masakan yang dihasilkan pun pasti enak (heheheh, jadi lapar nih).
    Nah, sekarang pertanyaannya adalah apa yang mempengearuhi sistem pengapian mesin mobil kita? Tentu saja ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kestabilisan sistem pengapian kita, nah apa sajakah hal itu?
    Yang pertama adalah Busi yang sudah tua dan sudah waktunya untuk diganti.
    Yang kedua adalah karena aliran listrik yang menuju koil dan injektor tidak stabil sehingga menyebabkan leg.
    Sebenarnya masih ada lagi sih yang dapat mempengaruhi kestabilisan sistem pengapian, tapi yang terpenting hanyalah kedua masalah itu saja, terus bagaimana dong caranya untuk mencegah kedua masalah diatas? Ya, yang masalah busi, jelas dapat diatasi dengan mengganti dengan busi yang baru, nah untuk yang masalah aliran listrik bagaimana cara mengatasinya? Ya tentu saja! Dengan menyewa jasa Electric man!
    Performa Mobil
    Hehehehe, bercanda doang. Cara yang benar untuk mengatasi masalah itu adalah dengan menggunakan alat penstabil arus atau bisa disebut dengan Volt Stabilizer untuk kerennya (biar kelihatan bisa bahasa inggris dikit gitu). Seperti yang bisa ditebak Volt Stabilizer ini berfungsi untuk menstabilkan aliran listrik yang menuju koil dan injektor untuk mencegah terjadinya leg. Volt Stabilizer sendiri bisa dipasang pada aki atau kabel busi dan bagi yang penasaran ama bentuknya nih, bentuk dari Volt Stabilizer:
    Filter Udara K&N Surabaya
  3. Asupan Oksigen Kedalam Ruang Bakar:
    Dan bagian terakhir yang perlu kita perhatikan untuk meningkatkan performa mobil anda adalah asupan oksigen yang masuk kedalam ruang bakar mesin mobil kita. Seperti hanya kita, manusia (kecuali yang baca nih artikel bukan manusia) yang sangat bergantung pada oksigen untuk hidup, mobil pun juga butuh oksigen agar bisa hidup kalau tidak oksigen, gag mungkin mobil kita bakal hidup kalau tidak ada oksigen, hah? Tahu darimana? Coba tanya manusia dari bulan…
    Filter Udara K&N Surabaya
    Tuh kan? Sudah di konfirmasi sama manusia bulan? Hehehehe… Nah, terus apa hubungnya antara asupan oksigen dalam ruang bakar kita dengan peningkatan performa mobil kita? Begini, Oksigen masuk ke mobil kita melalui pipa setelah disating oleh Filter Udara mobil kita agar udara yang masuk ke ruang pembakaran menjadi bersih dan clear dan tidak menyebabkan kerak pada ruang bakar (kalau udaranya kotor, maka udara itu dapat menimbulkan kerak pada ruang bakar mesin mobil kita). Tapi permasalahan yang sering terjadi pada bagian ini adalah kurang optimalnya udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran yang disebabkan oleh kotornya Filter Udara mobil atau karena Filter Udara yang memang kurang optimal.
    Biasanya filter udara yang terbuat dari kertas atau kapas lebih cenderung tidak dapat menfilter udara kotor dengan maksimal, tetapi ada loh Filter Udara dari bahan dasar kapas yang dapat menfilter udara dengan sangat optimal.

Filter Udara apakah itu? Ya tidak lain dan bukan adalah:
Filter Udara K&N Surabaya
Yup, betul sekali, Filter Udara K&N! Hah? Lalu apa bedanya coba dengan filter udara lainnya yang terbuat dari kapas? Tentu ada bedanya! lalu apa sajakah perbedaan Filter Udara K&N dengan filter udara lain?

  • Filter udara K&N dilapisi dengan oli khusus yang tidak dimiliki oleh filter udara lain yang berfungsi sebagai filter debu-debu kecil yang biasanya lolos dari filter udara lain.
  • Sama seperti produk filter udara lain, filter udara K&N juga bisa dicuci kapan saja, tapi bedanya filter udara K&N tidak perlu dicuci terlalu sering, hanya saja kalau sudah dipakai sampai 5000 KM nah itu saatnya untuk dicuci.
  • Tidak seperti kebanyakan filter udara lain, filter udara K&N memang didesain khusus untuk menghasilkan aliran udara yang lebih dibandingkan dengan produk filter udara lain yang tentunya membuat performa mobil kita menjadi semakin prima tanpa membiarkan debu apapun masuk ke ruang pembakaran.

Nah bagaimana? Seperti yang sudah saya jelaskan diatas dengan menggunakan Filter Udara K&N yang memang sudah didesain khusus untuk menghasilkan aliran udara yang lebih yang bukan hanya akan meningkatkan performa mobil anda tapi juga akan membantu anda dalam menghemat BBM mobil anda!

Dan selesailah sudah artikel kali ini. Memang benar masih banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa mobil kita (yang pastinya juga akan membutuhkan anda untuk mengeluarkan uang dari dompet), tapi menurut saya pribadi ketiga cara diatas adalah cara yang paling mudah (dan paling murah) untuk dapat meningkatkan performa mobil anda tanpa harus memiliki pengetahuan yang dalam mengenai mesin dan struktur mobil, tetapi tentu saja kalau modifier kelas berat gag mungkin hanya akan puas dengan ini, jadi kalau anda memiliki jiwa modifier kelas, hehehehe, siap-siap buat menggali isi dompet anda…. :)