Cart

BBM Mobil Kurang Hemat? Coba Cara-Cara Berikut!

Cara menghemat BBM mobil? Pasti banyak dong yang mau tahu bagaimana cara untuk menghemat BBM mobil kita, mengingat harga BBM pada jaman sekarang dan bagaimana sumber minyak dunia semakin menipis. Tapi pertanyaannya adalah, tahukah kita cara menghemat BBM mobil yang benar? Hayo, tahu gag? Belum tahu? Mau tahu sekarang? Yuk langsung saja kita simak artikel berikut!

Pada jaman sekarang yang semua serba canggih nih, para bangsa mobil hampir semuanya sudah dilengkapi dengan teknologi yang namanya Electronic Fuel Injection atau untuk singkatnya lebih sering dipanggil sebagai EFI, apa? Belum tahu apa itu EFI? Wah! Anda dari masa lalu ya? Time traveler dong!BBM Mobil

Hehehehehe… Canda doang.

BBM Mobil

Electronic Fuel Injection atau EFI itu merupakan teknologi yang sudah diterapkan ke semua mobil-mobil generasi baru yang ditujukan agar pembakaran di dalam ruang bakar bisa lebih sempurna dan alhasil mobil kita bisa menempuh jarak yang lebih jauh dengan menggunakan pemakaian bahan bakar yang seminimal mungkin, canggih kan? Nah terus tujuan artikel ini apa kalau misal mobil kita sudah bisa mengatasi masalah penghematan BBM?

Eits, jangan salah paham, meskipun mobil anda sudah dilengkapi dengan teknologi EFI, bukan berarti kalau mobil anda sudah pasti akan hemat BBM, karena ada juga beberapa faktor yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang yang dapat menyebabkan penggunaan BBM mobil menjadi boros.

Wah, bisa rugi nih kalau kita tidak tahu apa saja faktor yang bisa menyebabkan penggunaan BBM mobil jadi boros, lalu apa sajakah faktor yang dapat menyebabkan BBM jadi boros? Berikut ini beberapa faktor umum yang biasanya tidak diketahui banyak orang atau sering dilupaakan:

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan BBM Mobil Jadi Boros:

  1. Bagaimana Kita Mengemudikan Mobil:
    Filter Udara K&N
    Nah, faktor yang satu ini adalah faktor yang paling penting dari semua faktor yang akan saya beri tahu. Hayo siapa yang biasanya sering mengendarai mobil bak pembalap FI? BBM Mobil
    Hal-hal seperti berkendara dalam kecepatan tinggi, menginjak gas terlalu dalam atau cepat, dan mengganti perseneling diatas 200 RPM dapat menyebabkan nozzle menyemprotkan bahan bakar dan alhasil, BBM jadi boros deh.
    Usahakan dalam mengendarai mobil anda (terutama mobil manual) untuk mengganti gigi perseneling dibawah 200 RPM, hal ini ditujukan agar penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar lebih effesien dan BBM kita jadi lebih irit.
  2. Oli Mesin:
    BBM Mobil
    Faktor berikutnya yang perlu kita perhatikan adalah oli mesin kita. Siapa yang biasanya sering lupa ganti oli mobil?
    BBM Mobil
    Oli mobil ini punya fungsi untuk melumasi permukaan komponen-komponen mesin mobil kita dan mencegah semua komponen yang terlumasi dari cepat aus karena gesekan. Lalu kalau misal komponen mesin mobil kita tidak kita beri oli? Ya jadinya kompenen mesin mobil kita akan lebih cepat aus dan dapat menyebabkan mesin mobil kita menjadi panas dan cepat rusak, kayak gini nih:
    BBM Mobil
    Lalu apa ada hubungannya dengan BBM mobil kita? Ada dong! Kalau mesin mobil kita jadi panas, putaran mesin menjadi minimal dan alhasil akselerasi mobil kita jadi terasa jauh lebih berat dan jadinya konsumsi BBM malah makin banyak. Makanya itu selalu ganti oli sesuai dengan yang disugestikan oleh ATPM, dan jangan lupa untuk menggunakan oli yang berkualitas sama kayak baju, selalu ganti tiap hari dan pakai baju yang bersih dan wangi, entar pacarnya lari semua loh kalau gak pernah ganti baju.
  3. Bahan Bakar:
    BBM Mobil
    Dan seperti yang mungkin sudah diprediksi oleh saudara-saudara semua, faktor ketiga yang perlu kita perhatikan adalah bahan bakar! Siapa yang sudah meprediksi kalau kita bakal bahas bahan bakar?
    BBM Mobil
    Hehehehe… Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, mobil-mobil generasi sekarang sudah banyak yang menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection atau EFI yang juga mengharuskan kita yang menggunakan teknologi itu untuk memakai BBM non-timbal seperti Pertamax atau Pertamax Plus. Lalu apa hubungannya ini dengan penghematan BBM? Dalam penggunaan bahan bakar, ATPM biasanya sudah menganjurkan tipe bahan bakar apa yang harus kita pakai dan kalau anjurannya kita abaikan, ya jelas hasilnya nanti konsumsi BBM jadi lebih boros.
  4. Tekanan Ban:
    BBM Mobil
    Faktor selanjutnya yang perlu kita perhatikan tidak lain dan tidak bukan adalah Tekanan Ban! Seperti yang mungkin sudah banyak diketahui orang, kalau tekanan ban mobil kita rendah, maka akan dapat menjadi hambatan yang membuat mobil kita menjadi lambat dalam mencapai suatu titik kecepatan yang juga akan menyebabkan mesin mobil kita menjadi bekerja lebih berat yang ujung-ujungnya juga pasti akan menyebabkan mesin kita jadi mengkonsumsi BBM mobil kita lebih banyak dari biasanya.
    Maka dari itu dianjurkan untuk selalu memeriksa tekanan ban secara berkala, lalu mumpung kita lagi bahas ban, tahukah anda bahwa ada beberapa hal yang tidak banyak diketahui orang tentang ban, apakah anda termasuk orang yang tidak mengetahui hal-hal ini? Mau tahu? Maka pelajari Hal Penting Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui Soal Ban Kendaraan Anda.
  5. Filter Udara:
    Filter Udara K&N
    Dan Faktor terakhir yang akan kita bahas kali ini yang juga akan cukup mempengaruhi penghematan BBM mobil anda adalah yang tidak lain dan bukan adalah filter udara. Hah? Apa benar kalau filter udara dapat mempengaruhi hemat tidaknya BBM mobil kita? Bisa jadi, bisa jadi. Fungsi utama filter udara adalah sebagai penyaring udara kotor yang akan masuk ke ruang bahan bakar, kalau misal filter udara yang kita gunakan kotor maka asupan oksigen kedalam ruang bahan bakar akan menjadi terhambat dan kalau sudah terhambat maka proses pembakaran akan menjadi tidak sempurna, kalau tidak sempurna? Ya jelas ujung-ujungnya BBM mobil kita yang akan menjadi bayarannya.

Nah, bagaimana saudara-saudara? Ya saya tahu listnya pendek, kalau mau komplain lewat email aja, tapi menurut saya pribadi kalau misal ke lima hal itu anda terapkan pada mobil anda dan pada saat anda berkendara, maka kemungkinan besar BBM mobil anda akan jauh lebih irit dari sebelumnya. Bagaimana? Apa artinya artikel sudah selesai? Eits! Jangan pergi dulu!
BBM Mobil

Masih ada satu hal lagi yang perlu anda ketahui yang berhubungan dengan faktor-faktor diatas.

Apakah Hal Itu?

Dari faktor 1-4, semua hal itu dapat kita lakukan dengan mudah hanya dengan, tidak berkendara seperti orang kesurupan, mengganti oli secara berkala, menggunakan bahan bakar yang sudah dianjurkan, dan memeriksa tekanan ban secara berkala (sekitar 1 bulan sekali minimal), tapi untuk yang filter udara?

Apakah cukup dengan hanya membersihkannya secara berkala? Tentu saja tidak, kenapa? Karena filter udara itu bukan baju, kalau misal anda masih menggunakan filter udara bawaan mobil anda, maka filter udara itu hanya dapat dipakai 1 kali aja, kalau mau dicuci silahkan, tapi kalau rusak jangan komplain ke saya ya :)

Terus harus bagaimana dong? Ya, ganti filter udara dong!

Jaman sekarang aja sudah banyak produk-produk filter udara yang bisa dicuci dan semuanya sudah pada memenuhi pasar-pasar otomotif Indonesia. Memang benar sudah banyak produk filter udara yang meraja rela, tapi tahukah anda filter udara mana yang harus anda pilih yang tidak hanya bisa menghemat BBM mobil anda, tapi juga bisa menambah performa mobil anda.

Kalau menurut saya dan beberapa teman saya sih yang terbaik ya memang filter udara K&N
Filter Udara K&N (udah jelas banget!), kenapa? Karena selain juga dapat dicuci, saya jamin deh, dengan menggunakan filter udara K&N nih, gag bakal ganta-ganti filter udara lagi kayak ganta-ganti pacar!

Ada alasannya loh kenapa saya ngajuin filter udara K&N, mau tahu? Tahu mau? Nih beberapa alasan singkat kenapa K&N itu pantas saya ajukan ke saudara-saudara semua:

  • Filter udara K&N dilapisi dengan oli khusus yang tidak dimiliki oleh filter udara lain yang berfungsi sebagai filter debu-debu kecil yang biasanya lolos dari filter udara lain.
  • Sama seperti produk filter udara lain, filter udara K&N juga bisa dicuci kapan saja, tapi bedanya filter udara K&N tidak perlu dicuci terlalu sering, hanya saja kalau sudah dipakai sampai 5000 KM nah itu saatnya untuk dicuci.
  • Tidak seperti kebanyakan filter udara lain, filter udara K&N memang didesain khusus untuk menghasilkan aliran udara yang lebih dibandingkan dengan produk filter udara lain yang tentunya membuat performa mobil kita menjadi semakin prima tanpa membiarkan debu apapun masuk ke ruang pembakaran.

Memang benar masih ada alasan-alasan lain yang bisa menjadi acuan perbedaan antara filter udara K&N dengan filter udara lain, tapi 3 alasan diatas itu saja sudah cukup untuk melihat betapa berbedanya filter udara K&N dibandingkan dengan filter udara lain.

Bagaimana? Sudah paham sekarang? Apa sudah siap untuk mencoba menerapkan cara-cara yang saya anjurkan untuk menghemat BBM anda? Memang benar masih ada faktor lain yang bisa mempengaruhi konsumsi BBM mobil, tapi 5 faktor diatas merupakan faktor yang paling dasar yang kalau diterapkan dengan benar pasti akan menampakkan hasil yang memuaskan, terutama bagian mengemudi dengan benar dan filter udaranya.